KI TOLOD - ATASI GANGGUAN PENGLIHATAN MATA

Diposting oleh butir-butir keindahan | 06.23 | | 0 komentar »

KI TOLOD - ATASI GANGGUAN PENGLIHATAN MATA

Tanaman Ki Tolod Isotoma longiflora (L.) Presl. diduga berasal dari Hindia Barat, tumbuh liar di pinggir saluran air atau sungai, pematang sawah, sekitar pagar dan tempat-tempat lainnya yang lembab dan terbuka. Ki tolod dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.100 m dpl. Terna tumbuh tegak, tinggi mencapai 60 cm, bercabang dari pangkalnya, bergetah putih yang rasanya tajam dan mengandung racun. Daun tunggal, duduk, bentuknya lanset, permukaan kasar, ujung runcing, pangkal menyempit, tepi melekuk ke dalam, bergigi sampai melekuk menyirip. Panjang daun 5-17 cm, lebar 2-3 cm, warnanya hijau. Bunganya tegak, tunggal, keluar dari ketiak daun, bertangkai panjang, mahkota berbentuk bintang berwarna putih. Buahnya berupa buah kotak berbentuk lonceng, merunduk, merekah menjadi dua ruang, berbiji banyak. Perbanyakan dengan biji, stek batang atau anakan.
Khasiat yang sering digunakan dari tanaman Ki tolod untuk mengatasi gangguan pada mata, diantaranya untuk:



-Membantu mengurangi/mengobati mata minus (myop) atau plus (hypermetrop)
-Efektif mencegah dan mengatasi katarak
-Meringankan iritasi mata
-Mengobati berbagai penyakit mata seperti belekan dan mata merah
-Mengatasi mata lelah
-Menajamkan dan menyegarkan penglihatan

*) Cara menggunakan obat alami ini untuk mata:

1. Pilih bunga yang masih segar (lebih baik pagi hari). Cabut bunganya sampai pangkal kelopak bunganya. Di dalam pangkal kelopak ini terdapat getahnya. Dibuka ujung pangkal kelopak bunga, lalu langsung diteteskan getah itu pada mata.
2. Ambil Cara meraciknya relatif mudah mengunakan bagian bunga. Masukan 3 kuntum bunga Kitolod dalam mangkok/gelas, lembutkan/haluskan bunga kitolod dengan sendok makan, lalu siram dengan air hangat yang telah mendidih (kira-kira 6 sendok makan). Diamkan sampai dingin. Kemudian saring atau pisahkan ampasnya, lalu ambil air racikan tersebut dan masukan kedalam gelas mata. Masukkan mata kedalam gelas mata, dengan mengedip-ngedipkan mata. Tahan sampai 3 menit lalu angkat. Ulangi sampai 3x (masing-masing mata sama).
Perlu diperhatikan, celupan pertama pada mata rasanya perih . Siapkan tisu disamping anda, untuk mengusap air mata yang keluar nantinya.
Setelah selesai celupan mata yang ke tiga kali-nya (masing-masing mata). Segeralah mengaca. Jangan terkesima jika mata anda merah sekali dan terlihat akar matanya. (akan hilang dalam 10 menit saja). Rasakan setelah itu, penglihatan anda tampak cerah dan bening.

Selain itu beberapa penyakit yang dapat disembuhkan antara lain:

1. SAKIT GIGI : Dua lembar daun dicuci bersih lalu ditumbuk halus, taruh pada lubang gigi yang sakit.

2. ASMA, BRONCHITIS, RADANG TENGGOROKAN : Tiga lembar daun dicuci bersih lalu direbus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin di saring lalu di minum. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. LUKA : Daun secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus, tempelkan pada luka lalu di balut dengan kain bersih. Ganti 2 ‑ 3 kali sehari.

4. OBAT KANKER : Daun 3 lembar berikut batangnya, di rebus dengan 5 gelas air hingga menjadi 1 – 2 gelas dengan api kecil. Air rebusan di minum beberapa kali hingga habis dalam sehari.

5. KATARAK : 1 lembar daun yang sudah bersih ditambah 5 sendok makan air bersihkemudian tulang daun ditekan tekan dengan sendok. Daunnya dibuang, airnya 3-5.
salam-sitijamilahamdi

0 komentar